Berani Meminta, Berani Bersyukur

Syukuri apa yang ada Hidup adalah anugerah

Tetap jalani hidup ini Melakukan yang terbaik

(D’Masiv – Jangan Menyerah)

Sebagian besar dari kita mungkin pernah mendengar potongan lagu yang sempat terkenal pada masanya ini. Ya, sebuah lagu yang mengingatkan kita untuk tidak menyerah akan segala situasi yang kita hadapi, sambil terus berupaya melakukan yang terbaik di dalam kehidupan kita sebagai seorang manusia. Sebab tidak ada seorang manusia pun yang terlahir secara sempurna, dan memang kita bukanlah makhluk yang sempurna sebab kesempurnaan hanya milik Allah semata.

Namun di dalam kehidupan kita, rasanya sulit dan tidaklah mungkin jika seorang manusia terlepas dari apa yang disebut sebagai “meminta”. Setiap hari, kita minimal meminta satu hal terjadi di dalam kehidupan kita, terlepas dari masalah “luar biasa” atau “biasa saja” mengenai hal tersebut. Ketika kita sakit, kita meminta yang namanya kesehatan. Ketika kita miskin dan tidak berdaya, kita meminta yang namanya kekuatan dan kekayaan. Ketika kita merasa dalam ancaman, kita meminta yang namanya perlindungan. Kita meminta, meminta, dan terus meminta segala hal yang kita butuh dan inginkan. Namun, adakah kita pernah bersyukur atasnya?

Pada perenungan kali ini, kita diajak bersama untuk melihat bahwa ketika kita meminta sesuatu, maka ada konsekuensi yang menyertai yaitu untuk bersyukur atasnya. Sebab segala sesuatu yang kita minta, dan kita boleh dipercayakan untuk memilikinya, hanya berasal dari Allah semata. Dialah yang menjadi sumber dari segala kehidupan kita, karena kita ini adalah kepunyaan-Nya. Kita diajak tidak hanya untuk berani meminta segala sesuatu dari Allah, namun juga berani untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Dia, sebab Dialah yang mengizinkan segala sesuatu hadir membentuk dan mendidik kita menjadi pribadi yang seturut dengan kehendak-Nya.

Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

1 Tesalonika 5:16-18

[SQ]

Leave a Reply